software erp

Software ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek keuangan, produksi, penjualan maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.

Dengan kata lain, ERP sering disebut sebagai Back Office System yang mengindikasikan untuk tidak melibatkan pelanggan dan publik secara umum, melainkan kepada pihak – pihak internal yang berkepentingan (stake holder) atas perusahaan tersebut.

Kenapa harus menggunakan ERP?
Secara modular sistem ERP ini menangani proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan (inventory), invoice dan akuntansi perusahaan sehingga akan sangat membantu sekali dalam mengontrol aktifitas bisnis perusahaan Anda seperti penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas, sumber daya manusia (SDM) dan lain sebagainya.

Adapun manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan ERP :
  1. Integrasi Data
  2. Pengintegrasian data keuangan yang lebih detail dan jelas, sehingga top management dapat lebih mudah dalam mengontrol kinerja keuangan perusahaan dengan lebih baik.
  3. Standarisasi Data dan Informasi
  4. Menstandarkan data dan informasi melalui keseragaman pelaporan, terutama untuk perusahaan besar yang memiliki banyak business unit dengan jumlah dan jenis bisnis yang berbeda.
  5. Pengoptimalan Kinerja
  6. Meningkatkan proses kerja, efisiensi, serta mengurangi penggunaan kertas (paperless). Dan format penyajian datanya bisa dipantau lebih mudah dan secara real-time oleh pihak yang bersangkutan (top management).
  7. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan
  8. Kinerja perusahaan akan lebih cepat dan maksimal, sehingga kegiatan – kegiatan lain yang bersangkutan dengan laporan / data transaksi perusahaan tersebut juga ikut maksimal.
  9. Mempermudah Pencarian Data
  10. Apabila ditemukan sebuah kejanggalan data dari suatu transaksi atau laporan, proses pencarian (tracking) dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Sehingga perbaikan atas informasi bisa dilakukan dengan segera.
Tingkat keberhasilan dari implementasi ERP adalah berasal dari vendor dan kesesuaian modul yang dibutuhkan oleh perusahaan, sehingga Anda juga harus jeli dalam membeli Software ERP atau mencari Vendor ERP. Baca lebih lanjut seputar Panduan Memilih Software dan Vendor ERP!.