Software as a service (SaaS) merupakan layanan yang menyediakan aplikasi siap pakai kepada pengguna (end-user), sehingga pengguna tidak perlu bersusah payah mensetting server atau mendalami bahasa pemrograman tertentu.

Model SaaS telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir karena banyak manfaat yang ditawarkan untuk bisnis dari semua ukuran dan jenis.

Berikut adalah manfaat dan keutungan dari menggunakan layanan SaaS:

1. Tingkat penggunaan tinggi
Karena kebanyakan orang yang akrab dengan menggunakan Internet untuk menemukan apa yang mereka butuhkan, aplikasi SaaS cenderung memiliki tingkat adopsi yang tinggi. Terlebih pengguna bisa mengaksesnya melalui berbagai perangkat.

2. Biaya awal rendah
Anda tidak perlu membeli server hosting (dedicated server) dengan biaya yang sangat tinggi, melainkan Anda bisa menyewa atau menggunakan layanan yang diberikan oleh penyedia SaaS. Terlebih Anda hanya membayar sesuai dengan kapasitas penggunaan saja.

3. Tanpa proses upgrade yang rumit
Karena penyedia SaaS mengelola semua update dan upgrade, sehingga pelanggan tidak perlu mendownload atau menginstal sebuah patch dan sebagainya.

4. Mudah diintegerasi dan dikolaborasikan
Banyak penyedia SaaS juga menawarkan kustomisasi layanan guna memenuhi kebutuhan yang spesifik. Terlebih adapula yang menyediakan API untuk memudahkan pengguna dalam mengintegrasikan dengan sistem ERP yang ada atau sistem lainnya.